Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Memilih Sudut Pandang

 Kali ini mari kita bahas zoom indan zoom out pada graph. Perbedaan perbesaran graph yang kita amati mungkin akan menghasilkan kesimpulan yang berbeda. Perbedaan perbesaran atau saya lebih suka menyebutnya sebagai sudut pandang akan menghasilkan perbedaan cara pandang kita terhadap suatu posisi harga 

Kedua graph tersebut menggambarkan pair yang sama dalam time span yang sama di saat yang sama pula. Bedanya, outline yang atas menggunakan zoom125% sedangkan yang di bawah menggunakan zoom half. Bisakah anda melihat perbedaan yang terjadi? Apabila kita menggunakan zoom 125%, kita akan mendapatkan sudut pandang yang sempit dalam melihat outline tersebut, meskipun ketelitian akan lebih tinggi, seperti halnya kita berdiri tepat di pinggir jalan tadi. Melihat kondisi yang terjadi, mungkin kita berpikir bahwa harga sudah sangat tinggi, sehingga kita menjadi ragu, apakah akan bisa naik lebih tinggi lagi. Sekarang coba lihat outline yang di bawahnya. Kalau melihat kondisi dengan zoom atau sudut pandang yang lebih lebar. Kita menjadi tahu, bahwa posisi harga sekarang ternyata masih relatif rendah dibanding posisi harga dua tiga hari yang lalu. Melihat kondisi ini, mungkin kita akan menjadi optimis harga akan bisa terus naik http://www.seputarforex.com/wp/wp-incorporates/pictures/smilies/icon_smile.gifOk. 

Sekarang sudah jelas bahwa perbedaan pengamatan akan menghasilkan perbedaan kesimpulan. Pilihan ada pada masing-masing dealer, apakah akan menggunakan pengamatan yang detil namun kurang luas sudut pandangnya, atau akan menggunakan sudut pandang yang lebih luas?