Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Mengukur Kekuatan Level Support Dan Resistance

 Level-level help dan opposition ditentukan berdasarkan reaksi kecenderungan harga pada suatu waktu tertentu. Ketika harga gagal menembus suatu level tertentu pada waktu yang telah lewat maka dapat diasumsikan akan gagal menembus level tersebut pada waktu berikutnya. Selain dengan pengamatan, level help atau obstruction juga bisa ditentukan dengan bantuan indikator teknikal, dan akan semakin kuat bila dikonfirmasikan oleh beberapa indikator. 

1. Menentukan level help dan obstruction dengan indikator teknikal 

Hampir semua metode dan indikator teknikal bisa digunakan menentukan level help dan obstruction. Garis (pattern line), moving normal dan bollinger band mengindikasikan level help ketika garis atau nilai indikator tersebut berada dibawah level harga pasar, dan dianggap sebagai obstruction bila berada diatas level harga pasar. Sinyal-sinyal indikator teknikal yang bullish akan menunjukkan level help dan sinyal-sinyal yang bearish menunjukkan level obstruction harga pasar. 

Level-level Fibonacci retracement juga berfungsi sebagai level-level help pada arah upturn nya dan level-level obstruction pada arah downtrend-nya. Sebaliknya level-level proyeksi (Fibonacci projection levels) atau kadang disebut juga ekstensi atau ekspansi level Fibonacci menunjukkan level-level obstruction pada arah upswing dan level-level help pada arah downtrend-nya. Formasi pola candle dan atau pin bar pada arrangement value activity biasanya menunjukkan level help/obstruction yang penting. Semakin banyak dan beragamnya jenis indikator yang mengkonfirmasi suatu level help atau obstruction, akan semakin kuat dan legitimate level tersebut. 

Selain itu level-level pembulatan suatu harga (misal: 1.2850, 1.2900 atau 1.3000 untuk EUR/USD) akan berperilaku sebagai support atau obstruction. Semakin banyak angka nol pada suatu level harga akan semakin kuat perilakunya sebagai support atau obstruction. 

Contoh 1: GBP/JPY every day, indikator sma-100, MACD (12,26,9), Bollinger band (standard), Fibo retracement level. 

Pada gambar diatas tampak konfirmasi beberapa indikator untuk menentukan level help yang kuat dan substantial (lihat candle pada lingkaran biru). 

1. Harga diatas level straightforward moving normal (sma) 100 days 

2. Formasi candle mengalami penolakan (dismissal) pada level Fibonacci 38.2%. 

3. Pola candle long bullish overwhelming pada channel level bawah Bollinger dan pin bar yang terbentuk. 

4. Sinyal indikator MACD yang bullish. 

5. Harga yang bulat di level 141.00 sebagai level help yang kuat (garis warna ungu) 

Contoh 2: AUD/USD every day, indikator sma-100, MACD (12,26,9), Bollinger band (standard), Stochastic oscillator (14,3,3). 

Berikut contoh konfirmasi untuk menentukan obstruction (lihat candle pada lingkaran biru): 

1. Harga yang bulat di level 0.8000 sebagai level obstruction (garis warna ungu) 

2. Pola candle tweezer top pada channel level atas Bollinger band 

3. Terjadi divergensi antara pergerakan harga dan indikator MACD (divergensi indikator MACD) 

4. Indikator stochastic oscillator yang memberi sinyal bearish (overbought) 

2. Aturan perubahan level help dan obstruction 

Berdasar pada karakteristik pasar dan pelakunya, terdapat aturan yang tidak dinyatakan dengan tegas tapi dipercaya dan diikuti oleh hampir semua dealer menyangkut perubahan level help menjadi level obstruction dan sebaliknya, yaitu: 

- Garis horisontal level help akan berubah fungsi sebagai garis level obstruction bila berhasil ditembus (break), dan sebaliknya. 

- Garis pattern up sebagai garis support akan berubah fungsinya sebagai garis obstruction bila telah tertembus, dan sebaliknya. 

- Garis indikator moving normal yang sebelumnya menunjukkan batas level obstruction akan berubah menunjukkan level help bila berhasil ditembus, dan sebaliknya. 

- Garis horisontal level Fibonacci retracement pada arah upturn sebagai garis support akan menjadi garis obstruction jika harga menembus support, dan sebaliknya untuk Fibo retracement arah downtrend. 

- Level harga bulat yang sebelumnya adalah level help yang kuat berubah menjadi obstruction signifikan bila harga telah berhasil melewati level ini, dan juga sebaliknya untuk level opposition pada harga bulat.